Home » » Masyarakat Komunitas Hijau

Masyarakat Komunitas Hijau

Lingkungan hidup adalah suatu kesatuan ruang dengan bebda, daya, keadaan dan mahluk hidup yang termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan peri kehidupan dan kesejahteraan manusia serta mahluk hidup lainnya.
Lingkungan hidup alami merupakan lingkungan bentukan alam yang terdiri atas berbagai sumber alam dan ekosistem dengan komponen-komponennya baik fisik, biologis, maupun berbagai proses alamiah yang menentukan kemempuan dan fungsi ekosistem dalam mendukung peri kehidupan.
Apabila mengikuti perkembangan terlihat bahwa permasalahan lingkungan hidup telah menjadi permasalahan global, dengan demikian kitapun wajib bertanggung jawab atas terjadinya permasalahan lingkungan serta memberikan pegertian kepada seluruh lapisan mayarakat akan pentingnya kelestarian lingkungan hidup yang tentu saja memerlukan berbagai upaya yang serempak diberbagai tempat untuk ditujukan keberbagai kelompok masyarakat.
Di Sulawesi Tenggara lembaga-lembaga formal maupun informal melakukan pengawasan, penelitian dan pementauan terhadap pengelolaan dan meningkatkan penguatan partisipasi masyarakat terhadap kepedulian pelestarian lingkungan hidup dan konservasi sumber daya alam baik masyarakat perkotaan maupun di pedesaan dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan yang berkelanjutan. Akan tetapi hal ini kurang membawa dampak dalam hal pengolahan serta peningkatan kepedulian partisipasi masyarakat terhadap pelestarian lingkungan hidup dan sumber daya alam.
Untuk menyatukan unsur-unsur tersebut diperlukan suatu persatuan dari beberapa individu atau kelompok masyarakat yang memiliki sumber daya manusia yang benar-benar bisa mendukung, proaktif, peduli terhadap lingkungan, mempunyai sifat membangun yang konservatif dan memiliki perpektif jangka panjang terhadap pelestarian lingkungan hidup dan sumber daya alam. Kelompok ini disebut Komunitas Hijau.
Komunitas Hijau merupakan proses pembelajaran untuk peningkatan mutu sumber daya manusia dalam hal,kepedulian terhadap kapasitas kelestarian alam.
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Info Dunia Raya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger