Home » » Profil James Watt Penemu Mesin Uap

Profil James Watt Penemu Mesin Uap


Profil James Watt Penemu Mesin Uap
James Watt - Penemu Mesin Uap


PROFIL SINGKAT
Nama Lengkap    : James Watt
Alias        : James Watt
Profesi        : Ilmuwan
Agama        : -
Tempat Lahir    : Greenock, Inggris Raya
Tanggal Lahir    : 30 Januari 1736
Zodiac        : Aquarius
Hobby        : Meneliti,Membaca,Menulis
Kota/Provinsi    : Greenock, Inggris
Warga Negara    : Skotlandia, Inggris
Istri        : Ann MacGregor (m. 1777–1819), Margaret Miller (m. 1764–1772)
Anak      : James Watt Junior, Gregory Watt, Margaret Watt, Janet Watt
Ayah/Ibu   : James Watt, Agnes Muirhead
Wafat        : Handsworth, West Midlands, Inggris, 25 Agustus 1819

BIOGRAFI SINGKAT
James Watt lahir pada 19 Januari 1736 di Greenock, Renfrewshire, sebuah pelabuhan di Firth of Clyde. James Watt meninggal di Birmingham, Inggris, 19 Agustus 1819 pada umur 83 tahun ialah seorang insinyur besar dari Skotlandia, Britania Raya. Pada awalnya ia tertarik dengan mesin uap karena memperhatikan mesin uap buatan Newcome yang kurang efisien. Lalu ia terus melakukan beberapa percobaan & penelitian. Ia berhasil menciptakan mesin uap pertama yang efisien. Ternyata mesin uap ini merupakan salah satu kekuatan yang mendorong terjadinya Revolusi Industri, khususnya di Britania dan Eropa pada umumnya. Untuk menghargai jasanya, nama belakangnya yaitu watt digunakan sebagai nama satuan daya, misalnya daya mesin dan daya listrik.

Ayahnya adalah seorang pembuat kapal, pemilik kapal dan kontraktor, dan menjabat sebagai kepala Baillie kota, sementara ibunya, Agnes Muirhead, datang dari keluarga terhormat dan berpendidikan. Keduanya Presbiterian dan Covenanters kuat. kakek Watt, Thomas Watt, adalah seorang guru matematika dan Baillie ke Baron dari Cartsburn.

Watt tidak bersekolah secara teratur awalnya ia banyak dididik di rumah oleh ibunya tetapi kemudian ia menghadiri Greenock Grammar School. Ia dipamerkan ketangkasan manual yang besar, keterampilan teknik dan bakat untuk matematika, sedangkan bahasa Latin dan Yunani gagal untuk kepentingan dia.

Ketika ia berusia delapan belas tahun, ibunya meninggal dan kesehatan ayahnya mulai gagal. Watt melakukan perjalanan ke London untuk belajar instrumen keputusan selama satu tahun, kemudian kembali ke Skotlandia, menetap di kota komersial utama Glasgow berniat mendirikan bisnis alat-membuat sendiri. Dia membuat dan diperbaiki kuningan mencerminkan kuadran, penguasa paralel, skala, suku cadang untuk teleskop, dan barometer, antara lain. Karena ia tidak dilayani setidaknya tujuh tahun sebagai magang, Glasgow Guild of Hammermen (yang memiliki yurisdiksi atas setiap pengrajin menggunakan palu) diblokir aplikasi nya, meskipun ada yang lain pembuat instrumen matematika di Skotlandia.

Watt diselamatkan dari kebuntuan ini oleh kedatangan instrumen astronomi di University of Glasgow, instrumen yang membutuhkan perhatian ahli. Watt dikembalikan ke urutan kerja dan dibayar. Instrumen ini akhirnya dipasang di Observatorium Macfarlane. Selanjutnya tiga profesor menawarinya kesempatan untuk mendirikan sebuah bengkel kecil di lingkungan universitas. Itu dimulai pada 1757 dan dua profesor, fisikawan dan kimiawan Joseph Black serta terkenal Adam Smith, menjadi teman Watt.

Pada awalnya ia bekerja untuk mempertahankan dan memperbaiki instrumen ilmiah yang digunakan dalam universitas, membantu dengan demonstrasi, dan memperluas produksi kuadran. Pada 1759 ia membentuk kemitraan dengan John Craig, seorang arsitek dan pengusaha, untuk memproduksi dan menjual lini produk termasuk alat musik dan mainan. Kemitraan ini berlangsung selama enam tahun ke depan, dan bekerja hingga enam belas pekerja. Craig meninggal pada 1765. Satu karyawan, Alex Gardner, akhirnya mengambil alih bisnis, yang berlangsung hingga abad kedua puluh.

 Pada 1764, Watt menikahi sepupunya Margaret (Peggy) Miller, dengan dikarunia lima orang anak, dua di antaranya hidup sampai dewasa: James Jr (1769-1848) dan Margaret (1767-1796). Istrinya meninggal saat melahirkan pada tahun 1772. Setelah lama berselang dengan kesendiriannya akhirnya Pada tahun 1777 ia pun menikah lagi dengan Ann MacGregor dan di anugerahi dua orang anak: Gregory (1777-1804), yang menjadi ahli geologi dan mineralogi, dan Janet (1779-1794). Ann meninggal pada 1832 Antara 1777 dan 1790 ia tinggal di Regent Place, Birmingham


PENDIDIKAN
  • Greenock Grammar School

KARIER
  • Pendiri University of Glasgow
  • Pendiri  Boulton and Watt
  • Pendiri Hotel Glasgow then Handsworth
  • Pendiri Hotel Great Britain

ORGANISASI
  • Belum Diketahui

PENGHARGAAN
  • Belum Diketahui

SOCIAL MEDIA
  • Belum Diketahui

Demikianlah  postingan Profil  James Watt Penemu Mesin Uap yang kami dapat berikan kepada para pembaca. Sebelumnya Terima kasih telah membaca dan berkunjung di www.profildunia.com sehingga dengan adanya artikel ini dapat menjadikan informasi penting dan membantu pembaca mengenal lebih dekat tentang profil diatas. Dan Pembaca bisa melihat profil lainnya. Semoga Bermanfaat

Catatan :
Dikutip : Wikipedia.org
Bagi Anda yang ingin menduplikasi artikel Profil James Watt Penemu Mesin Uap ini diharapkan anda untuk mencantumkan linknya Terimakasih atas perhatiannya. Untuk Kritik Dan Saran Silahkan Kirim Ke Alamat Email Saya : nunink.ambi@gmail.com / ambi.costik@yahoo.com
Share this article :

1 comments:

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Info Dunia Raya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger