Home » » Profil Dr. Abraham Samad, SH. M.H. Ketua KPK Ke- 4

Profil Dr. Abraham Samad, SH. M.H. Ketua KPK Ke- 4

Profil Dr. Abraham Samad, SH. M.H. Ketua KPK 2011-2015

PROFIL SINGKAT
Nama Lengkap  : Dr. Abraham Samad, SH. M.H.
Alias                  : Dr. Abraham Samad, SH.M.H.
Profesi               : Advokat
Agama               : Islam
Tempat Lahir      : Makassar, Sulawesi Selatan
Tanggal Lahir      : 27 November1966
Zodiac               : Scorpius
Hobby               : Membaca, Menulis, Olahraga
Kota/Provinsi     : Makassar, Sulawesi Selatan
Warga Negara   : Indonesia
Alamat               : Jalan Mapala E29 Nomor 30 Makassar
Istri                    : Indriana Kartika
Anak                  : -

BIOGRAFI SINGKAT
Dr. Abraham Samad, SH. M.H. Dikenal memiliki kepribadian sederhana dan tegas. Dr. Abraham Samad, SH. M.H. lahir di kota MakassarProvinsi Sulawesi Selatan pada tanggal 27 November1966; umur 47 tahun. Sebelumnya beliau adalah salah seorang advokatyang ada di Indonesiadan pertama yang menjadi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2011-2015.

Dr. Abraham Samad, SH.M.H. menyelesaikan pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (FH Unhas), Makassar. Gelar Doktordiraihnya pada tahun 2010 sebagai Sarjana (Strata 1/S1), Magister (Strata2/S2), dan Doktoral (Strata 3/S3) di bidang hukum .Tesisnya mengambil tema tentang pemberantasan korupsi, yaitu Sejak tahun 1996, Dr. Abraham Samad, SH. M.H. melakoni profesi sebagai advokat. Kemudian, untuk menunjang profesi yang digelutinya, Dr. Abraham Samad, SH. M.H. mendirikan sebuah lembaga swadaya masyarakat yang diberi nama Anti Coruption Committee (ACC). LSM ini bergerak dalam kegiatan pemberantasan korupsi, seperti melakukan kegiatan pembongkaran kasus-kasus korupsi, khususnya di Sulawesi Selatan. Selain itu ACC memiliki tujuan mendorong terciptanya sistem pemerintahan yang baik serta sistem pelayanan publik yang maksimal dengan sasaran pemberantasan korupsi. Dr. Abraham Samad, SH. M.H. duduk sebagai koordinator penggagas LSM tersebut.

Menurut The Jakarta Post, Samad dikenal dekat dengan Laskar Jundullah yang merupakan kelompok Islam garis keras di Makassar. Dr. Abraham Samad, SH. M.H. merupakan bagian dari tim hukum Komite Penegakan Syariat Islam. Pada tahun 2002, Dr. Abraham Samad, SH. M.H. menjadi kuasa hukum terdakwa teroris Agus Dwikarna yang ditangkap di Bandar Udara Internasional Manilakarena membawa bahan peledak. Ia juga dilaporkan dekat dengan Abu Bakar Ba'asyir, dan ketika Baasyir mengunjungi Makassar pada Juli 2009, Samad mendampinginya.

Dr. Abraham Samad, SH.M.H. sebelumnya pernah juga mendaftar sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Komisi Yudisial. Namun, semua gagal hingga ia memutuskan untuk mengikuti seleksi calon pimpinan KPK. Seleksi capim KPK 2011 sebenarnya bukanlah hal baru bagi Abraham, karena ia sebelumnya sudah pernah mendaftar sebanyak dua kali. Pada ketiga kalinya inilah Abraham bisa melewati seleksi hingga tingkat akhir (uji kelayakan dan kepatutan oleh DPR). Abraham bersama 8 calon (sebelumnya 10 calon) diajukan oleh Pansel KPK yang diketuai oleh MENKUMHAM Patrialis Akbar dimana Dr. Abraham Samad, SH. M.H. menempati peringkat kelima dari seluruh calon yang diajukan. Dr. Abraham Samad, SH. M.H. merupakan calon pertama yang menjalai uji kelayakan dan kepatutan yang dimulai pada tanggal 21 November2011.

Pada tanggal 3 Desember2011 melalui voting pemilihan Ketua KPK oleh 56 orang dari unsur pimpinan dan Anggota Komisi III Asal Sembilan Fraksi DPR, Dr. Abraham Samad, SH.M.H. memperoleh suara terbanyak mengalahkan Bambang Widjojanto dan Adnan Pandu Praja. Dr. Abraham Samad, SH.M.H. memperoleh 43 suara, Busyro Muqoddas 5 suara, Bambang Widjojanto 4 suara, Zulkarnain4 suara, sedangkan Adnan 1 suara. Dr. Abraham Samad, SH.M.H. dan jajaran pimpinan KPK yang baru saja terpilih, kemudian resmi dan dilantik di Istana Negara oleh Presiden SBY pada tanggal 16 Desember2011.

PENDIDIKAN
·         SDN Makassar
·         SMP Makassar
·         SMA Makassar
·         Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (S-1)
·         Fakultas Hukum Universitas Hasanuddina (S-2)
·         Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (S-3)

KARIER
·         Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi ke-4 (2011-2015)

ORGANISASI
·         Anti Coruption Committee (ACC)
·         Koordinator LSM Sulawesi Selatan



DUKUNGAN
·         Koalisi Masyarakat Anti-Korupsi;
·         Komisi Pemantau Legislatif (Kopel);
·         Pusat Studi Demokrasi Unhas;
·         Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia-Lembaga Bantuan Hukum (YLBHI-LBH) Makassar;
·         Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Makassar (YLBHM);
·         YLBHP2i;
·         Masyarakat Peduli Pelayanan Publik Sulsel.
·         Clean Governance DPC Lamongan

PENGHARGAAN
·         -

SOCIAL MEDIA
·         -

Semoga Bermanfaat..!!!                              Sumber; id.wikipedia.org 

Catatan :
Mohon Maaf, Apabila Dalam Penulisan Profil/Biografi Kurang Lengkap atau Salah Penulisan Mohon Dibenarkan. Untuk Kritik Dan Saran Silahkan Kirim Ke Alamat Email Saya : nunink.ambi@gmail.com / ambi.costik@yahoo.com
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Info Dunia Raya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger