Home » » Profil Budaya Bangsa Provinsi Sumatera Barat

Profil Budaya Bangsa Provinsi Sumatera Barat

 
Profil Budaya Bangsa Provinsi Sumatera Barat
Provinsi Sumatera Barat
 
Kota Padang Merupakan kota terbesar di pantai barat Pulau Sumatera sekaligus ibu kota dari provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kota Padang memiliki wilayah seluas 694,96 km² dengan kondisi geografi berbatasan dengan laut namun memiliki daerah perbukitan yang ketinggiannya mencapai 1.853 mdpl. Berdasarkan Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) tahun 2012, kota ini juga ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 871.534 jiwa yang didominasi oleh etnis Minangkabau dan penduduknya mayoritas menganut agama Islam.

Sejarah Kota Padang tidak terlepas dari peranannya sebagai kawasan rantau Minangkabau, yang berawal dari perkampungan nelayan di muara Batang Arau lalu berkembang menjadi bandar pelabuhan yang ramai setelah masuknya Belanda di bawah bendera Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC). Hari jadi kota ini ditetapkan pada 7 Agustus 1669, yang merupakan hari terjadinya pergolakan masyarakat Pauh dan Koto Tangah melawan monopoli VOC. Selama penjajahan Belanda, kota ini menjadi pusat perdagangan emas, teh, kopi, dan rempah-rempah. Memasuki abad ke-20, ekspor batu bara dan semen mulai dilakukan melalui Pelabuhan Teluk Bayur.

PROFIL SINGKAT
Provinsi        : Sumatera Barat
Ibukota        : Padang
Tanda No. Kendaraan    : BA
Bahasa Daerah  : Minangkabau, Melayu,Dll
Lagu Daerah    : Kampuang Nan Jau Di Mata, Dayung Palainggan, Ayam Den Lapeh
Rumah Adat    : Rumah Gadang/Rumah Bagonjong
Tari        : Tari Piring, Tari Payung
Suku      : Melayu, Batak, Toba, Mandailing, Nias, Simalungun, Karo,Dll
Senjata Adat    : Karih
Agama       : Islam(98%), Kristen (1,6%), Hindu (0,032%), Budha (0,26%)
Komiditi    : Kepala, Karet, Cengkeh, Kayu Manis, Lada, Dll
Bahan Galian  : Batu Bara, Marmer, Sililat, Kapur, Trass
Industri        : Ukir, Pahat, Jahit, Sulam, Anyam-Anyaman
OBJEK WISATA
Padang Memiliki Museum Adityawarman dan bukit tinggi yang bernama Jam Gadang, Benteng Fort De Kock yang dibangun penjajah belanda pada tahun 1825 untuk menahan perlawanan rakyat pimpinan Tuanku Imam Bonjol. Padang Juga Memiliki Selapan yaitu Goa Jepang terowongan buatan tentara jepang pada PD II (tinggi 2 M, Panjang Ratusan Meter) Berkelok-Kelok dan punya ruangan seperti kamar-kamar, pintunya antara lain ada di Ngarai Sianok Yang Curam Dan Indah Menawan.

Semoga Bermanfaat
Sumber : Wikipedia.org/Pintar Mengenal Budaya Bangsa Indonesia Oleh Anam/MB. Rahimsyah
Catatan :
Mohon Maaf, Apabila Dalam Penulisan Profil Budaya Bangsa Provinsi Sumatera Barat Kurang Lengkap atau Salah Penulisan Mohon Dibenarkan. Untuk Kritik Dan Saran Silahkan Kirim Ke Alamat Email Saya : nunink.ambi@gmail.com / ambi.costik@yahoo.com 
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Info Dunia Raya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger