Home » » Profil Budaya Bangsa Provinsi Riau

Profil Budaya Bangsa Provinsi Riau


Profil Budaya Bangsa Provinsi Riau
Provinsi Riau

Riau terletak di bagian tengah pulau Sumatera yang merupakan sebuah provinsi yang ada di Indonesia. Provinsi ini terletak di bagian tengah pantai timur Pulau Sumatera, yaitu di sepanjang pesisir Selat Melaka. Hingga tahun 2004, provinsi ini juga meliputi Kepulauan Riau, sekelompok besar pulau-pulau kecil (pulau-pulau utamanya antara lain Pulau Batam dan Pulau Bintan) yang terletak di sebelah timur Sumatera dan sebelah selatan Singapura. Kepulauan ini dimekarkan menjadi provinsi tersendiri pada Juli 2004. Ibu kota dan kota terbesar Riau adalah Pekanbaru. Kota besar lainnya antara lain Dumai, Selat Panjang, Bagansiapiapi, Bengkalis, Bangkinang dan Rengat.

Riau hingga saat ini merupakan salah satu provinsi
di Indonesia yang terkaya ,karena banyak sumber dayanya didominasi oleh sumber alam, seperti minyak bumi, gas alam, karet, kelapa sawit dan perkebunan serat. Tetapi, belakangan ini terjadi penebangan hutan yang merajalela sehingga mengurangi luas hutan secara signifikan, dari 78% pada 1982 menjadi hanya 33% pada 2005. Rata-rata 160,000 hektare hutan habis ditebang setiap tahun, meninggalkan 22%, atau 2,45 juta hektare pada tahun 2009. Deforestasi dengan tujuan pembukaan kebun-kebun kelapa sawit dan produksi kertas telah menyebabkan kabut asap yang sangat mengganggu di provinsi ini selama bertahun-tahun, dan menjalar ke negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.


PROFIL SINGKAT
Provinsi        : Riau
Ibukota        : Pekan Baru
Tanda No. Kendaraan    : BM
Bahasa Daerah    : Melayu,Dll
Lagu Daerah    : Soleram
Rumah Adat    : Rumah Melayu Selaso Jatuh Kembar
Tari        : Joget Lambak, Tari Tandak
Suku        : Melayu, Anak Dalam, Sokai, Hutan,Talangmamak, Bonai, Laut
Senjata Adat    : Badik
Agama        : Islam(92%), Kristen (2,6%), Hindu (0,046%), Budha (5%)
Komiditi    : Kelapa Sawit, Gambir, Kayu, Karet
Bahan Galian    : Minyak Bumi, Bauxit, Timah, Granit
Industri        : Crumb Rubber, Plastik, Plywood, Dll

Obyek Wisata
Candi Muara Takus Adalah Salah Satu Candi Yang Ada Di Riau. Candi ini Terbuat Dari Batu dan pasir pada masa kerajaan sriwijaya pada abad 9 terletak di desa muara Takus kecamatan VIII Kota Kabupaten Kampar.

Pulau Batam Adalah Pulau Yang Banyak Di gandrungi oleh wisata asing. Dengan Kawasan industri dan hotel mewahnya yang identik, serta pantai nongsa yang indah permai dari pantai ini kita bisa melihat gedung-gedung pencakar langit dari negara tetangga yaitu singapura. Tetapi ada juga tempat yang istimewa di pulau ini yaitu Sebuah Olahraga Yang sekaligus merupakan pertunjukkan yang menarik yaitu pacu Jalur suatu pertandingan perahu di sungai indragiri, masing-masing perahu di muati oleh 60-70 orang. Pertandingan perahu ini biasanya dilakukan pada setiap tanggal 17 Agustus. 

Semoga Bermanfaat
Sumber : Wikipedia.org/Pintar Mengenal Budaya Bangsa Indonesia Oleh Anam/MB. Rahimsyah
Catatan :
Mohon Maaf, Apabila Dalam Penulisan Profil Budaya Bangsa Provinsi Riau Kurang Lengkap atau Salah Penulisan Mohon Dibenarkan. Untuk Kritik Dan Saran Silahkan Kirim Ke Alamat Email Saya : nunink.ambi@gmail.com / ambi.costik@yahoo.com
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Info Dunia Raya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger