Home » » Profil Budaya Bangsa Provinsi DKI Jakarta

Profil Budaya Bangsa Provinsi DKI Jakarta

 
Profil Budaya Bangsa Provinsi DKI Jakarta
Senjata Tradisional Provinsi DKI Jakarta


Provinsi DKI Jakarta Dahulu pernah dikenal dengan nama Sunda Kelapa (sebelum 1527), Jayakarta (1527-1619), Batavia/Batauia, atau Jaccatra (1619-1942),Jakarta Toko Betsu Shi (1942-1945) dan Djakarta (1945-1972). Di dunia internasional Jakarta juga mempunyai julukan seperti J-Town, atau lebih populer lagi The Big Durian karena dianggap kota yang sebanding New York City (Big Apple) di Indonesia.
 
Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI Jakarta, Jakarta Raya) adalah ibu kota negara Indonesia. Jakarta merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki status setingkat provinsi. Jakarta terletak di bagian barat laut Pulau Jawa. Jakarta memiliki luas sekitar 661,52 km² (lautan: 6.977,5 km²), dengan penduduk berjumlah 10.187.595 jiwa (2011). Wilayah metropolitan Jakarta (Jabotabek) yang berpenduduk sekitar 28 juta jiwa dan adalah metropolitan terbesar di Asia Tenggara atau urutan kedua di dunia.

Sebagai pusat bisnis, politik, dan kebudayaan, Jakarta merupakan tempat berdirinya kantor-kantor pusat BUMN, perusahaan swasta, dan perusahaan asing. Kota ini juga menjadi tempat kedudukan lembaga-lembaga pemerintahan dan kantor sekretariat ASEAN. Jakarta dilayani oleh dua bandar udara, yakni Bandara Soekarno–Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma, serta satu pelabuhan laut di Tanjung Priok.


PROFIL SINGKAT
Provinsi        : DKI Jakarta
Ibukota        : Jakarta
Tanda No. Kendaraan    : B
Bahasa Daerah   : Arab,Betawi,Cina,Dll
Lagu Daerah    : Kicir-Kicir,Jali-Jali,Sulirang
Rumah Adat    : Rumah Kebaya
Tari        : Tari Ronggeng
Suku      : Orang Depok,Betawi,Orang Tugu,Cina,Dll
Senjata Adat    : Golok
Agama      : Islam( 85%), Kristen (9,2 %), Hindu (0,3 %), Budha ( 5,4%)
Komiditi   : Grafika,Farmasi,Kendaraan Bermotor,Pariwisata,Dll
Bahan Galian: Pasir Bangunan
Industri        : Pakain Jadi,Grafika,Plastik,Dll
Obyek Wisata    : Tugu Monas,Taman Impian Jaya Ancol, Kebun Ragunan, Gedung Planetarium,Musium Gajah, Taman Ismail Marzuki,Taman Mini Indonesia Indah,Monumen Pancasila Sakti, Aneka Pusat Pertokoan Modern.

 Semoga Bermanfaat
Sumber : Wikipedia.org/Pintar Mengenal Budaya Bangsa Indonesia Oleh Anam/MB.
Catatan :
Mohon Maaf, Apabila Dalam Penulisan Profil Budaya Bangsa Provinsi DKI Jakarta Kurang Lengkap atau Salah Penulisan Mohon Dibenarkan. Untuk Kritik Dan Saran Silahkan Kirim Ke Alamat Email Saya : nunink.ambi@gmail.com / ambi.costik@yahoo.com
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Info Dunia Raya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger