Home » » Profil Drs. Abdullah Silondae Gubernur IV Sulawesi Tenggara (1978-1982)

Profil Drs. Abdullah Silondae Gubernur IV Sulawesi Tenggara (1978-1982)

Profil Drs. Abdullah Silondae Gubernur IV Sulawesi Tenggara (1978-1982)
Profil Singkat
Nama Lengkap              : Drs. Abdullah Silondae
Alias                              : Abdullah, Silondae
Profesi                           : Gubernur Ketiga (IV) Prov. Sultra
Agama                           : Islam
Tempat Lahir                 : Kendari, Sulawesi Tenggara
Tanggal Lahir                : 17 Februari 1927
Zodiac                            : Aquarius
Hobby                            : Membaca, Olahraga
Ibukota/Provinsi            : Kendari, Sulawesi Tenggara
Warga Negara                : Indonesia

Biografi Singkat
Drs. Abdullah Silondae menjabat Gubernur berdasarkan Keputusan Presiden No. PEM/7/18/39 tanggal 19 Juni 1978. Beliau dilantik dan dilaksanakan pada tanggal 23 Juni 1978 oleh Jenderal M. Pangabean, selaku Menko Polkam pada waktu itu. Dan pada waktu itu, SEKWILDA (Sekretaris Wilayah Daerah) dijabat oleh H. Konggoasa.

Dalam Masa Pemerintahannya, Drs. Abdullah Silondae di kenal oleh masyarakat sultra yang sosok sederhana, ramah, konsisten, jujur. Beliau juga di kenal salah satu Tim Konseptor Penyusunan Rancangan Perencanaan Program Pembangunan Daerah Sultra “Pemanfaatan Tanah dan Air” tersebut pada Pelita I dan Pelita II, ditambah dengan : Peningkatan Kualitas SDM dengan memperbanyak pembangunan sarana pendidikan mulai dari tingkat SD, SLTP, SLTA, dan Perguruan Tinggi dan lembaga pendidikan lainnya. Dengan pengalaman di berbagai bidang pendidikan dan ingin masyarakat Sulawesi tenggara yang masyarakat kompoten,berkualitas,dan bermartabat. Dengan keinginan dan tekad kuat untuk membangunan suatu wadah pendidikan.

berselang beberapa bulan, maka pada bulan Agustus 1981 Pemerintah Pusat meresmikan berdirinya Universitas Negeri Haluoleo (nama inilah yang di cetuskan beliau dan tokoh-tokoh lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu) bertempat di Kendari dengan Rektor Pertama : Prof. H. Eddy Agussalim Mokodompit, MA, yang terdiri dari 4 fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Ekonomi, Sosial Politik dan Pertanian.

Setelah hari kemudian, beliau pun di kabarkan meninggal dunia pada saat masa keemasannya atau pemerintahannya menjelang akhir tahun jabatannya yaitu 1981. Maka pada waktu itu pun pemerintah pusat menunjuk dan mengangkat Mayjen Eddy Sabara/Irjen DEPDAGRI merangkap sebagai Pejabat Gubernur Sultra sebagai Tugas utama Pejabat Gubernur Sultra Mayjen Eddy Sabara untuk mempersiapkan dan melaksanakan pemilihan Gubernur Sultra yang definitif, disamping melanjutkan pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan di Prov. Sultra.

PENDIDIKAN
  • Sekolah Dasar
  • Sekolah Menengah Pertama
  • Sekolah Menengah Atas
  • Perguruan Tinggi

KARIR 
  • Gubernur IV (Keempat) Provinsi Sulawesi Tenggara (1978-1982)

MINAT 
  • Belum Di Ketahui

ORGANISASI 
  • Belum Di Ketahui

SOCIAL MEDIA 
  •  -

Semoga Bermanfaat..!!!
Catatan :
Mohon Maaf, Apabila Dalam Penulisan Profil/Biografi Kurang Lengkap atau Salah Penulisan Mohon Dibenarkan. Untuk Kritik Dan Saran Silahkan Kirim Ke Alamat Email Saya : nunink.ambi@gmail.com / ambi.costik@yahoo.com






Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Info Dunia Raya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger