Home » » Profil Amancio Ortega Gaona Pengusaha & Pebisnis Terkenal

Profil Amancio Ortega Gaona Pengusaha & Pebisnis Terkenal

Profil Amancio Ortega Gaona Pengusaha & Pebisnis Terkenal Di Dunia


Profil Singkat
Nama Lengkap  : Amancio Ortega Gaona
Alias                  : Amancio, Ortega, Gaona,
Profesi               : Pembisnis, Pengusaha
Agama               : -
Tempat Lahir    : Busdongo de Arbas, León, Spanyol
Tanggal Lahir   : 28 Maret 1936
Zodiac               : Pisces
Hobby               : Membaca, Menulis, Olahraga
Kota/Provinsi   : Busdongo de Arbas, León, Spanyol
Warga Negara   : Spanyol
Alamat              : Spanyol
Istri                   : Rosalía Mera (bercerai) Flora Pérez Marcote (m. 2001)
Anak                 : Sandra Ortega Mera,Marcos Ortega Mera,Marta Ortega Pérez
Kekayaan         : US $ 65600000000 (Juli 2014)


BIOGRAFI SINGKAT
Amancio Ortega Gaona (pengucapan dalam bahasa spanyol adalah amanθio oɾteɣa ɡaona). beliau lahir 28 Maret 1936  dan beliau di kenal seorang fashion eksekutif Spanyol dan pendiri ketua grup fashion Inditex. Beliau terkenal dengan identik dengan mata rantai dari Zara pakaian dan aksesoris toko-toko eceran. Pada bulan Maret 2014, ia menduduki peringkat sebagai orang terkaya ketiga di dunia oleh Majalah Forbes dengan kekayaan bersih sebesar USD $ 64000000000. The Bloomberg Billionaires Index pada Maret 2014 Amancio Ortega Gaona tercatat sebagai orang terkaya keempat di dunia dengan melaporkan aset gabungan sebesar USD $ 57000000000. Ia pun juga terdaftar sebagai orang terkaya di dunia dengan urutan ketiga oleh Hurun Report pada bulan Februari 2014, dengan jaring senilai USD $ 62000000000, hingga Saat ini, beliau tinggal bersama istri keduanya di Galicia, Spanyol sebuah gedung apartemen yang terkenal.

Amancio Ortega Gaona adalah Anak bungsu dari empat bersaudara, Amancio Ortega Gaona lahir dan dibesarkan serta menghabiskan masa kecilnya di Busdongo de Arbas, León, Spanyol.Masa Kecilnya, Amancio Ortega Gaona pernah pindah ke A Coruña pada usia 14 tahun, karena pekerjaan pada saat itu, ayahnya bekerja sebagai seorang karyawan kereta api.Ketika Hampir remaja, Ortega (panggilannya) menemukan pekerjaan sebagai tangan toko untuk shirtmaker lokal yang disebut Gala, yang masih duduk di sudut yang sama di pusat kota A Coruña.Pada tahun 1972, Amancio Ortega Gaona mendirikan Confecciones Goa (inisial namanya secara terbalik), menjual jubah mandi berlapis yang Ortega diproduksi saat itu. Dengan menggunakan jasa ribuan perempuan lokal disusun dalam koperasi menjahit.

Pada tahun 1975, Amancio Ortega Gaona membuka toko Zara pertamanya, nama disebut demikian karena nama yang disukainya Zorba sudah diambil oleh orang lain pada saat itu. Dengan nana itu, akhirnya Amancio Ortega Gaona membuka banyak Toko besar Zara selama tahun 1980 di seluruh Galicia. Hari ini, Zara adalah bagian dari kelompok Inditex (Industrias de Diseño Textil Sociedad Anónima), yang Ortega memiliki 59,29%, dan selain dari lebih dari 6.000 toko termasuk merek Zara, Massimo Dutti, Oysho, Zara Home, Kiddy Class, Tempe, Stradivarius, Pull and Bear, Bershka dan memiliki lebih dari 92.000 karyawan. Amancio Ortega Gaona juga menyimpan profil yang sangat rendah dan  sampai tahun 1999, tidak ada foto dari Ortega pernah diterbitkan. Amancio Ortega Gaona pergi ke coffee shop yang sama setiap hari dan makan siang dengan karyawan di kantin perusahaan. Amancio Ortega Gaona menolak untuk memakai dasi dan biasanya memakai seragam sederhana blazer biru, kemeja putih, dan celana abu-abu; tidak ada yang merupakan produk Zara. Amancio Ortega Gaona juga mengatakan untuk mengambil bagian dalam produksi yang sangat aktif dan mendesain proses dalam perusahaan.

Ketika Amancio Ortega Gaona membuat penampilan publik pada tahun 2000 sebagai bagian dari pemanasan sebelum penawaran umum perdana perusahaannya di pasar saham pada tahun 2001, itu menjadi berita utama di media keuangan Spanyol. Namun, ia hanya diberikan wawancara kepada tiga wartawan yang pernah dan kerahasiaan itu telah menyebabkan penerbitan buku-buku, seperti Amancio Ortega: de cero a Zara (From Zero to Zara).Pada tahun 2011, Ortega mengumumkan pensiun dekat nya dari Inditex, perusahaan induk dari rantai Zara, menyatakan bahwa ia akan meminta Inditex wakil presiden dan CEO Pablo Isla untuk menggantikannya di kemudi kerajaan tekstil.Ia dipelihara nya # 3 tempat di daftar Forbes tahun 2013, namun meningkat gawangnya senilai $ 7000000000 untuk total sebesar $ 64 miliar.


PENDIDIKAN
  • -
KARIR
  • Anggota Dewan Inditex (CEO) Daez (COO)
  • Co-Pendiri Kelompok Inditex
BIBLIOGRAFI
  • Blanco, Xabier; Salgado, Jesús (2004). Amancio Ortega, de cero a Zara: El primer libro de Investigación sobre el Imperio Inditex. Esfera de los Libros. p. 271. ISBN 978-8-497-34167-7.
ORGANISASI
  • -
SOCIAL MEDIA
  • https://www.facebook.com/pages/Amancio-Ortega/155537184522950
  • @_AmancioOrtega

Berbagai Sumber : Wikipedia.org.
Semoga Bermanfaat..!!!
Catatan :
Mohon Maaf, Apabila Dalam Penulisan Profil/Biografi Kurang Lengkap atau Salah Penulisan Mohon Dibenarkan. Untuk Kritik Dan Saran Silahkan Kirim Ke Alamat Email Saya : nunink.ambi@gmail.com / ambi.costik@yahoo.com
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Info Dunia Raya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger