Home » » Latar Belakang Kabupaten Buton

Latar Belakang Kabupaten Buton


Latar Belakang Kabupaten Buton
Logo Kabupaten Buton

Latar Belakang Kabupaten Buton - Kabupaten Buton merupakan salah satu daerah pesisir yang sebagian besar desa-desa berada disekitar pesisir Pantai yang ada di pulau Buton.  Lebih dari 89% dari luas wilayah atau 21.054 km2 terdiri dari wilayah perairan.

Wilayah Kabupaten Buton yang didominasi oleh perairan laut, terkandung berbagai potensi sumber daya alam laut yang dapat diperbaharui dan sangat melimpah.  Sumber daya alam laut yang dapat diperbaharui tersebut antara lain adalah ekosistem-ekosistem yang berada disekitar perairan.  Ekosistem tersebut yaitu, ekosistem hutan bakau, terumbu karang, padang lamun dan ekosistem perairan laut lepas pantai. Ekosistem ini tersebar diseluruh perairan Pulau Buton.  Keberadaan ekosistem yang lengkap memperlihatkan potensi sumberdaya pesisir Kabupaten Buton yang sangat memadai.

Seiring dengan berkembangnya daerah sebagai daerah otonom, sesuai dengan Undang–Undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Otonomi Daerah telah memberi landasan yang cukup kuat bagi pemerintah untuk mengambil dan membagi tanggung jawab dalam pengelolaan sumberdaya wilayah pesisir dan lautan. Undang-undang tersebut memberikan peluang bagi pemerintah daerah untuk dapat mengembangkan potensinya dalam mensejahterakan masyarakatnya.  Namun di sisi lain, pemerintah daerah harus mampu secara kreatif melakukan terobosan-terobosan, khususnya di sektor ekonomi dengan memanfaatkan sumberdaya pesisir yang ada.

Pulau Batu batas sebagai bagian administrasi Kabupaten Buton yang berpotensi untuk dilakukan pengkajian dan selanjutnya ditindak lanjuti untuk di kembangkan ke arah pembangunan kesejahteraan masayarakat yang merata.  Permasalahan yang terjadi di pulau ini adalah minimnya data dan informasi yang memadai untuk dijadikan acuan pengembangan program.  Persoalan tersebut antara lain persoalan sosial budaya dan ekonomi masyarakat serta persoalan lingkungan masyarakat. Olehnya itu melalui program pengkajian dan pemetaan potensi pulau melalui kementrian KP3K ini akan memberikan gambaran yang gamblan tentang potensi dan persoalan yang dihadapi di berbagai pulau-pulau kajian.

Latar Belakang Kabupaten Buton Semoga Bermanfaat Kawan...!!

Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Info Dunia Raya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger