Home » » Anjing Affenpinscher Disebut Setan Kecil Berkumis

Anjing Affenpinscher Disebut Setan Kecil Berkumis

Info Dunia Raya - Affenpinscher adalah salah satu ras anjing mainan (toy breed) tertua yang berasal dari Jerman yang berarti "terrier yang seperti kera" pada tahun 1600-an. Dulunya, anjing ini dimanfaatkan untuk berburu rodensia di lahan pertanian dan di rumah penduduk. Anjing ini memiliki bulu berwarna hitam, abu-abu, silver, krem, hitam-coklat, atau merah. Affenpinscher dapat memiliki tinggi badan 23-30 cm dan berat 3-3,5 kg. Beberapa ciri fisik dari anjing ini adalah moncong tumpul, telinga simetris (dipotong atau tidak dipotong dan dapat tegak ke atas atau terlipat ke bawah), serta bulu kasar dan lebat. Bulu Affenpinscher memiliki panjang ± 1 inci dan pada bagian ekor serta bokong cenderung lebih pendek. Pada bagian leher, perut, dada, kepala, dan kaki terdapat bulu yang lebih lebat dibandingkan permukaan tubuh lainnya

Nama ini sangat cocok untuk mewakili karakteristik utama anjing jenis ini, yaitu mimik wajahnya yang menyerupai kera.

Nama Perancis untuk Affenpinscher adalah Diablotin Mustachu, yang artinya "setan kecil berkumis", juga menggambarkan karakteristik yang sama sekaligus merujuk pada sifatnya yang periang, senang bermain-main, dan tidak mengenal takut pada siapa pun.

Anjing kecil yang lucu ini seringkali disebut sebagai anjing monyet (monkey dog), kok bisa sihh?? hal itu karena wajah dari anjing ini memiliki perawakan ekspresi seperti seekor monyet, karena itu masyarakat dari negara asalnya yakni Jerman menamakannya Affe yang berarti monyet. Menurut beberapa sumber Affenpinscher telah dikenal sejak tahun 1600-an dan diduga nenek moyang trah ini adalah dari anjing berjenis Griffon Bruxellois dan Miniature Schnauzer.

Affenpinscher memiliki beberapa karakteristik perangai yang mirip dengan anjing-anjing berjenis terrier, dari bentuk fisiknya hingga perangainya. Namun menurut FCI (Federation Cynologique Internationale) memasukkannya dalam Grup 2, yakni Scnhauzer.

Anjing periang ini senang sekali berada dekat dengan pemiliknya, dan dengan porsi tubuhnya yang relatif kecil tersebut ia pun memiliki kelebihan untuk memburu maupun mengusir hewan-hewan kecil di sekitar rumah, seperti tikus. Ia tergolong sangat aktif, karena itu anjing jenis ini membutuhkan aktivitas yang teratur dari pemilik untuk membuatnya lebih tenang. Banyak pula yang mengatakan bahwa Affenpinscher pun tergolong anjing yang mudah sekali bosan dengan aktifitas yang sama dan berulang-ulang serta membutuhkan kegiatan yang dapat menguras kreatifitas. Karena itu beberapa menggunakan anjing kecil ini sebagai anjing sirkus dan juga akrobatik.

Meskipun memiliki tubuh yang relatif kecil, namun Affenpinscher tergolong anjing yang setia sekali dengan pemiliknya. Di tengah perilakunya yang aktif ia dapat menjadi sangat protektif sekali dengan lingkungan dan juga barang-barang yang “diklaim” telah menjadi miliknya karena itu acapkali terjadi perkelahian dengan pihak lain saat berurusan dengan barang-barang miliknya tersebut.
 
Secara umum, anjing Affenpinscher tergolong anjing yang memiliki kesehatan cukup baik namun beberapa kasus kesehatan pada jenis ini adalah seperti penyakit Hip Dysplasia (sejenis penyakit pada organ persendian tulang pinggul), Collapsed Trachea (gangguan pada organ tenggorokan) dan juga beberapa kasus mengenai Katarak. (Dilansir wikipedia.org).
Share this article :

1 comments:

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Info Dunia Raya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger